Pengertian Crowdfunding
Pengertian Crowdfunding

Crowdfunding – Tentunya ketika memasuki dunia bisnis, banyak ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan tempat ia tinggal. Karena modal adalah fondasi dari sebuah bisnis, jika fondasinya tidak kokoh, bisnis tersebut tidak akan mampu menopang seluruh isinya dengan baik.

Mengajukan pinjaman bisnis adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan ini. Sebelum kamu mengajukan pinjaman, pastikan kamu memulai dengan tingkat suku bunga dan banyak aspek lain yang akan menghambat bisnis kamu di masa depan.

Apa Itu Crowdfunding?

Crowdfunding adalah suatu bentuk pembiayaan bagi mereka yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya, dimana dana dikumpulkan dari banyak orang. Metode ini menggunakan upaya kolektif banyak individu secara online menggunakan crowd funding atau platform media sosial untuk mencapai tujuan ini. Crowd funding juga merupakan bentuk crowdsourcing dan pembiayaan alternatif yang sudah dimulai kembali dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk membantu para pengusaha dan start-up UKM.

BACA JUGA : Cara Investasi Properti Online Agar Untung

Cara Kerja dari Crowd funding

Crowdfunding memiliki pilar yaitu adanya website atau halaman yang dapat diakses dan tentunya pemilik utama. Usaha atau perusahaan yang dimiliki nantinya akan didaftarkan di website dan nantinya ditampilkan agar para donatur dapat menginvestasikan dananya dan juga membantu mengembangkan usaha baru tersebut.

BACA JUGA : 7 Instrumen, Jenis, dan Tips Investasi

Penarikan, biasanya prosesnya memakan waktu beberapa hari, ketika dana target dipilih, maka dana dapat dicairkan ke rekening pemilik bisnis. Namun, jika kamu ingin lebih mengoptimalkannya, kamu dapat melakukan 3 hal di bawah ini:

Membuat Proposal Usaha Agar Lebih Menarik

Untuk membuat orang tertarik menginvestasikan dananya pada proposal yang kamu sajikan, kamu dapat menyiapkan proposal bisnis yang menarik, interaktif dan informatif untuk mempresentasikannya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi yang baik dari mereka yang ingin menginvestasikan dananya di perusahaan atau bisnis kamu.

BACA JUGA : What Is Homeowners Insurance?

Informasi yang diberikan juga harus lengkap, seperti jenis usaha, proses pengelolaannya, proses pemasarannya hingga tujuan utama dari usaha yang dibuat. Penyajiannya bisa melalui teks, tulisan, gambar atau video.

Mendaftarkan ke Platform Crowdfunding

Jika proposal yang diajukan sudah bagus dan memadai, kamu bisa menemukan platform crowdfunding yang terpercaya dan memiliki regulasi resmi, sehingga semua proses transaksi lebih aman.

Memantau Perkembangan dari Proposal yang Diajukan

Setelah memilih platform, upload proposal bisnis yang telah dibuat, dan setelah upload jangan lupa untuk mengecek progres proses pendanaan. Jika kamu memiliki pertanyaan pemilik ekuitas yang terkait dengan perusahaan atau bisnis kamu, kamu dapat menjawabnya dengan singkat dan jelas.

 

4 Manfaat dari Crowdfunding

Selain akses yang mudah, mereka akan memasuki jaringan pemodal yang lebih luas dan lebih besar. Crowd funding juga memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan, seperti:

1. Hasil Jangkauan yang Lebih Luas

Platform crowd funding ini memudahkan mereka untuk menemukan orang-orang yang tertarik untuk mengembangkan dana di seluruh wilayah, crowd funding juga memudahkan mereka untuk saling berinteraksi dan berbagi kampanye penggalangan dana.

2. Pengenalan Peluang Bisnis

Crowd funding memungkinkan kamu untuk mempresentasikan bisnis atau kampanye penggalangan dana yang dibuat dengan memberikan informasi yang mempromosikan bisnis yang sedang dibangun. Misalnya, daya tarik, penawaran, target pasar perusahaan.

Hal ini agar para calon donatur ini lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan dan langkah-langkah pengembangannya.

3. Melakukan Pemasaran

Kamu dapat mulai melakukan pemasaran penggalangan dana melalui berbagai saluran seperti media sosial, email, dan strategi pemasaran lainnya. Hal ini berguna karena penggalangan dana yang kamu lakukan melalui platform crowd funding akan lebih cepat.

4. Validasi Konsep

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah memperkenalkan konsep perusahaan atau bisnis kamu seperti yang kami sebutkan di atas. Untuk mendapatkan calon pemberi pinjaman tertarik untuk menginvestasikan modalnya di perusahaan kamu, kamu dapat mengambil pendekatan yang lebih matang dan meyakinkan mereka untuk mengembangkan perusahaan tempat mereka tinggal.

Jadi crowd funding memiliki banyak keuntungan, selain pengembangan usaha bagi yang membutuhkan dana, crowd funding juga menjadi solusi bagi yang ingin mengembangkan dananya dengan membantu usaha atau perusahaan yang membutuhkan dana.

 

Referensi
Artikel : akseleran
Images : shopify