Program Affiliate Marketing : Pengertian, 3 Jenis, Tips, & Cara Menjalankannya Supaya Untung!
Program Affiliate Marketing : Pengertian, 3 Jenis, Tips, & Cara Menjalankannya Supaya Untung!

Apa Itu Affiliate Marketing?

AMZNG.id – Pada umumnya affiliate merupakan salah  satu penjualan berbasis komisi, contoh sederhananya yaitu ketika kamu berhasil menjual produk, barang atau jasa, maka dengan otomatis kamu akan menerima uang atau komisi berdasarkan komisi penjualan produk tersebut.

Affiliate Marketing merupakan sistem usaha menggunakan jasa seseorang waktu orang tadi berhasil menjual produk atau jasa seseorang merchant atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa dengan pemasaran secara online melalui internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya.

 

Perbedaan Affiliate dan Reseller

Sistem Affiliate

Affiliate Marketing merupakan sistem usaha online menggunakan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa kondisi apapun. Kamu hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau mempunyai produk atau jasa yang kan kita tawarkan.

Komisi Affiliate juga tidak sebesar komisi reseller, umumnya hanya berkisar 20-40%.

Sistem Reseller

Reseller merupakan sistem yang dapat dijalankan untuk bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain menggunakan syarat kita wajib  membeli atau mempunyai produk tadi.

Komisi yang diberikan jua bervariasi, tetapi lebih besar daripada komisi yang diterima affiliate yaitu berkisar 30-80%.

 

Pro dan Kontra dari Affiliate Marketing

Adapun kelebihan dan kekurangan affiliate marketing merupakan:

Kelebihan

  • Fleksibel (Dapat kerja dimana saja, dan kapan saja).
  • Kesempatan buat mendapatkan penghasilan yang besar .
  • Tidak perlu modal.
  • Sangat mudah buat bergabung menjadi affiliate marketing.
  • Banyak produk yang mampu kamu tawarkan.

BACA JUGA : BEST 3 COMPANIES AUTO INSURANCE [PRO & CONS]

Kekurangan

  • Butuh kesabaran dan kerja keras.
  • Wajib bisa bersaing dengan affiliate lain.
  • Tidak gampang memilih produk yang sesuai dengan minat.

 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Jika kamu ingin menjalankan affiliate marketing secara maksimal , maka kamu harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan web afiliasi & kamu akan menerima sebuah link afiliasi.

Kemudian kamu mempromosikan link tersebut di website atau blog, social media atau media massa, dan siapapun yang melakukan klik melalui link yang kamu beri, kemudian melakukan pembelian, maka kamu menerima komisi.

BACA JUGA : 20 IDE USAHA KEKINIAN YANG MENGUNTUNGKAN

Untuk komisi atau bayaran yang diberikan besarnya bervariasi, tergantung menurut produk/barang/jasa yang dijual.

Affiliate Marketing ini merupakan contoh bisnis yang mampu mendatangkan penghasilan pasif, dan nisbi mudah bagi pemula walaupun tidak mempunyai website sendiri.

 

Jenis – Jenis Affiliate Marketing

berikut jenis affiliate marketing :

1. Influencer

Influencer adalah orang yang punya kemampuan buat memengaruhi keputusan pembelian masyarakat.

Mempunyai jumlah followers yang banyak, mereka bisa menggunakan dengan mudah untuk mengarahkan konsumen ke produk penjual melalui media dan platform lainnya.

influencer, pakar, atau pegiat media sosial termasuk dalam jajaran influencer yang dapat digandeng menjadi afiliasi buat strategi affiliate marketing-mu.

2. Blogger

Afiliasi berikutnya yang mampu dimanfaatkan untuk keperluan affiliate marketing merupakan seorang blogger.

Blogger cukup unggul dalam mempertinggi konversi penjualan sebuah produk atau jasa.

BACA JUGA : CARA MUDAH MENDAFTAR SHOPEE AFFILIATE PROGRAM

Umumnya, mereka akan melakukan uji coba terhadap produk atau jasa dan diikuti ulasan yang bertindak menjadi kenaikan pangkat.

Selain itu, blogger umumnya lebih dipercaya dibandingkan influencer. Hal ini karena mereka dikenal memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap sebuah produk atau jasa yang dipromosikan. Meski demikian, belum terdapat penelitian yang menunjukan hipotesis tadi.

3. Media Massa

Media massa menjadi afiliasi terakhir dalam Affiliate Marketing.

Meski mempunyai kemampuan mendatangkan calon pembeli dalam jumlah besar, media massa cukup jarang dipilih.

Pasalnya, biayanya jauh lebih mahal ketimbang dua afiliasi yang sudah disebutkan sebelumnya.

Meskipun demikian, Media massa dapat mempromosikan produk dengan lebih cepat dan efektif.

Hal ini tidak lain ditimbulkan oleh jumlah saluran dan audiens yang lebih besar.

 

Cara Menjalankan Afiliasi Marketing

Berikut ini beberapa tips yang bisa meningkatkan kesuksesan kamu dalam menjalankan Affiliate Marketing ini.

1. Membiasakan diri untuk mempelajari segala informasi yang terdapat tentang produk serta jasa yang akan kamu tawarkan dan promosikan. dengan begitu kamu dapat memutuskan apakah ingin melakukan affiliate marketing dalam produk eksklusif.

2. Mengetahui produk yang sedang ramai diminati. Dengan begitu, saat kamu menawarkan produknya secara tidak langsung, kamu juga akan mendapatkan kesenangan karena melakukan hal tersebut.

3. Membuat website atau blog buat mempromosikan bisnis yang kamu miliki. hal ini wajib dilakukan karena merupakan galat satu langkah penting dalam menjalankan affiliate marketing ini.

BACA JUGA : CARA MUDAH MENGELOLA KEUANGAN

4. Mencoba terlebih dahulu produk yang ingin kamu jual, dengan begitu kamu bisa mengetahui apa yang kamu promosikan. selain itu, ketika calon konsumen sudah semakin pandai dan tidak mudah tergoda dengan janji palsu yang kamu berikan mengenai suatu produk. Dengan Sharing pengalaman juga dapat menaikkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan.

5. Memberikan konten yang bermanfaat dan bukan hanya mempromosikan barang saja. Hal ini bertujuan agar menciptakan citra produk yang baik, maka kamu wajib menciptakan hubungan antar konsumennya, karena adanya interaksi yang kuat maka terciptanya loyalitas yang bermanfaat bagi sebuah Brand dalam Jangka yang panjang.

6. Mampu mengatur keuangan dengan baik dalam menerapkan contoh usaha affiliate marketing ini. Hal tersebut dikarenakan, penghasilannya yang tidak tetap bisa membuat kamu kesulitan dalam mengatur pengeluaran serta pemasukan. dengan mempunyai pengelolaan uang yang baik, maka pemasukan yang dihasilkan kamu gunakan buat meningkatkan diri serta bisnis yang dimiliki menjadi seorang affiliate marketer.